FAQ

 

Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan ke YPAB. Silakan mencermatinya sebelum menanyakan kepada kami.

 

PROGRAM “MARI BELAJAR”

 

Tanya: Bagaimana cara belajar di YPAB? Apa saja persyaratannya?

Jawab: Pertama-tama, tentukan rumah belajar mana yang sesuai dengan lokasi dan ketersediaan waktu kamu. Lalu, cermati persyaratan tiap-tiap rumah belajar, karena tiap rumah belajar bisa jadi memiliki fokus dan kondisi yang berbeda. Kunjungi tautan berikut ini.

1. Rumah Belajar Bintaro, Tangerang Selatan
Alamat: Ruko Bintaro Trade Center, Blok F1 no 10,  Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan
Jadwal Belajar: Selasa pukul 16.00 – 18.00 WIB, Kamis pukul 16.00 – 18.00 WIB, Sabtu 14.00 – 18.00 WIB

2. Rumah Belajar Tanah Abang, Jakarta Pusat
Alamat: Komplek PLN Karet No. 14 Jl. Tenaga Listrik, RT 015/016, Kebon Melati – Tanah Abang, Jakarta Pusat, 10230
Jadwal Belajar: Sabtu pukul 14.00 – 18.00 WIB, Minggu pukul 10.00 – 14.00 WIB

3. Rumah Belajar Medan, Sumatera Utara
Alamat: Jl. Bakti 4 No 166, Komplek Tata Alam Asri, Gaperta Ujung, Kecamatan Helvetia, Medan
Jadwal Belajar: Selasa  pukul 15.30 – 18.30 WIB, Rabu pukul 15.30 – 18.30 WIB

 

Tanya: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk belajar, dan mengikuti ujian kesetaraan di YPAB?

Jawab: YPAB tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun, termasuk untuk mendapatkan pelajaran, perbanyakan materi, penggunaan buku-buku perpustakaan, ekstrakurikuler, penggunaan fasilitas komputer, mengikuti ujian kesetaraan, mendapatkan ijazah. Semua akan disubsidi oleh YPAB. Meskipun demikian, kamu tetap perlu menyiapkan biaya transportasi, alat-alat tulis pribadi, termasuk biaya-biaya lain yang menjadi pilihan untuk memperlancar kegiatan belajar kamu sendiri.

 

Tanya: Buku-buku apa saja yang dibutuhkan dan harus dibeli?

Jawab: Kami tidak mewajibkan buku tertentu. Jika akan diseragamkan, buku tersebut akan dipinjamkan tanpa biaya. Buku teks yang menjadi panduan terutama adalah Buku-buku Sekolah Elektronik yang dapat dengan mudah diunduh dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Tanya: Saya ingin belajar sendiri (homeschooling), dan hanya mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian kesetaraan di YPAB. Bisa kah?

Jawab: Tidak. Saat ini YPAB tetap membutuhkan bukti kehadiran fisik dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Tanya: Saya berada jauh dari lokasi YPAB. Bisa kah saya belajar online dan tetap bergabung di YPAB?

Jawab: Tidak. Kami sarankan anda bergabung ke sekolah formal terdekat, atau mencari PKBM setempat untuk menempuh pendidikan kesetaraan, atau bergabung ke sekolah terbuka.

 

Tanya: Saya tidak berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah; saya bersedia membayar untuk mengikuti pendidikan di YPAB. Bisakah saya bergabung?

Jawab: Karena keterbatasan kapasitas, YPAB saat ini hanya memfokuskan untuk melayani mereka yang tidak memiliki pilihan untuk bersekolah karena ketiadaan biaya.

 

Tanya: Apakah semua pendaftar pasti diterima di YPAB?

Jawab: Tidak. Akan ada proses seleksi melalui wawancara yang harus dilakukan di rumah belajar YPAB. Jika diterima, maka pendaftar akan dapat bergabung di waktu yang ditentukan oleh penanggung jawab rumah belajar, atau dimasukkan ke daftar tunggu jika kapasitas tidak memungkinkan.

 

Tanya: Saya hanya bisa hadir di hari-hari tertentu saja, karena pekerjaan saya tidak memperkenankan saya hadir di seluruh waktu belajar. Bisakah saya tetap bergabung ke YPAB?

Jawab: YPAB memprioritaskan menerima orang-orang yang memiliki komitmen waktu sesuai dengan waktu belajar yang kami publikasikan.

 

Tanya: Kapankah waktu pendaftaran jika ingin menjadi peserta didik di YPAB?

Jawab: Kami menerima pendaftaran sepanjang tahun, namun ada kemungkinan anda tidak dapat langsung masuk setelah dinyatakan diterima. Karena keterbatasan kapasitas, kami memberlakukan kebijakan daftar tunggu. Jika terdapat peserta didik yang lulus atau mengundurkan diri sehingga terdapat kursi kosong, maka peserta didik yang berada di daftar tunggu tersebut dan dinyatakan diterima akan kami hubungi sesuai urutan pendaftaran dan prioritas.

 

Tanya: Saya putus sekolah di kelas akhir, sehingga materi yang akan diujikan kurang lebih sudah saya kuasai. Bisakah saya hanya mengikuti ujian saja melalui YPAB?

Jawab: Tidak. Saat ini kami hanya melayani peserta didik yang benar-benar belajar di YPAB. YPAB diharuskan untuk menyerahkan nilai perkembangan peserta didik ke Dinas Dikbud, sehingga semua peserta didik yang bergabung akan diperlakukan seperti masuk sejak awal. YPAB juga menginginkan adanya pembinaan karakter, dan bukan hanya mengajarkan aspek kecerdasan akademis, sehingga diperlukan waktu untuk benar-benar mengikuti kegiatan belajar di Rumah Belajar YPAB.

 

Tanya: Apakah di YPAB, peserta didik akan mendapatkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)?

Jawab: Ya.

 

Tanya: Apakah lulusan Paket A (setara SD) dan Paket B (setara SMP) dimungkinkan untuk melanjutkan kembali ke sekolah formal?

Jawab: Ya.

 

Tanya: Saya tidak selalu dapat hadir di jam-jam belajar yang ditentukan. Apakah tetap dapat diterima?

Jawab: YPAB akan memprioritaskan peserta didik yang benar-benar dapat meluangkan waktunya di jam-jam belajar tatap muka yang ditetapkan.

 

Tanya: Apakah semua topik dalam tiap mata pelajaran akan diajarkan di YPAB seperti halnya sekolah formal?

Jawab: Salah satu aspek yang penting dalam pendidikan non-formal adalah kemandirian dalam belajar. Meskipun waktu tatap muka akan selalu diadakan, namun tiap peserta didik diharuskan untuk mempelajari sendiri apa yang tidak diulas secara detail di kelas. Peserta didik dapat melihat materi yang harus dikuasai secara online, dan dapat menanyakan berbagai hal yang perlu diperjelas kepada tutor.

 

Tanya: Apakah ada ekstrakurikuler di YPAB? Apa saja? Apakah ada biaya yang dikenakan?

Jawab: Tiap Rumah Belajar mengadakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik di sana. Salah satu ekstrakurikuler yang bersifat wajib adalah Pengenalan Komputer. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk ekstrakurikuler.

 

Tanya: Apakah ujian nasional yang diikuti akan berbasis komputer (UNBK)?

Jawab: Sejak tahun 2017, ujian nasional yang diikuti oleh peserta didik YPAB di Rumah Belajar Bintaro dan Rumah Belajar Tanah Abang adalah UN berbasis komputer (UNBK).

 

Tanya: Apa yang harus saya persiapkan untuk ujian nasional? Berapa yang harus saya bayar nantinya?

Jawab: Persyaratan administratif seperti ijazah tingkat sebelumnya yang telah dilegalisir atau akta kelahiran (untuk Paket A), dan pas foto. Persyaratan administratif ini akan diinformasikan oleh bagian administrasi menjelang ujian nasional sesuai dengan informasi dari Dinas Dikbud. Tidak ada yang harus dibayarkan untuk mengikuti ujian melalui YPAB.

 

Tanya: Apakah di YPAB benar-benar ada kegiatan belajar mengajar?

Jawab: Meskipun pertanyaan ini terlihat sangat aneh, namun kami secara implisit selalu mendapatkan pertanyaan ini. Ya, peserta didik YPAB akan benar-benar belajar secara serius di YPAB, dan bukan hanya dituntut sekedar datang dan mendapatkan ijazah. Tingkat kehadiran tutor dimonitor selalu agar tidak terdapat sesi kosong saat peserta didik datang. Alasan umum “guru tidak hadir karena honor belum turun” diharapkan tidak akan menjadi faktor karena para pengajar YPAB adalah relawan tidak berbayar yang telah diseleksi dedikasinya.

 

Tanya: Mengapa YPAB mengharuskan peserta didik untuk belajar hal-hal yang tidak diujikan di Ujian Nasional?

Jawab: Peserta didik lulus bukan hanya karena mengikuti ujian nasional. Mata pelajaran lain yang tidak diujikan di Ujian Nasional pun akan harus diajarkan di PKBM seperti YPAB dan menjadi dasar penilaian kelulusan. Bahkan, YPAB menyediakan kelas-kelas pengembangan wawasan dan pembinaan karakter yang tidak diharuskan pemerintah, karena di YPAB kami membiasakan peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dan bukan sekedar pengejar ijazah; dan kami ingin menghasilkan lulusan yang berkarakter dan kelak pantas menjadi pemimpin bangsa yang berintegritas.

 

PROGRAM “MARI MENGAJAR”

 

Tanya: Bagaimana saya bisa menjadi tutor YPAB?

Jawab: Silakan isi form pendaftaran tutor yang tersedia di laman “Mari Mengajar”.

 

Tanya: Apakah semua calon relawan tutor akan diterima setelah melakukan pendaftaran?

Jawab: Tidak. Tutor akan diterima sesuai dengan kualifikasi, minat mengajar yang dibutuhkan masing-masing rumah belajar. Jika diterima, kami akan menghubungi anda dalam batch rekrutmen tertentu untuk dilakukan induksi.

 

 

PROGRAM “MARI MEMIMPIN”

 

Tanya: Institusi/organisasi saya akan melakukan bakti sosial/kegiatan CSR di YPAB. Apakah kami langsung datang saja ke YPAB?

Jawab: Silakan mengelaborasi ide kegiatan ini melalui email ke info@ypab.org, dan membuat perjanjian untuk berkunjung. Di jam-jam belajar, seringkali kami tidak dapat melayani pengunjung dengan baik tanpa adanya pengaturan waktu yang baik.