Rumah Belajar Bintaro

Rumah Belajar PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) Bintaro bertempat di Ruko Bintaro Trade Center, Blok F1 no 10,  Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan.

Diperkuat oleh lebih dari 30 relawan tutor, professional dari berbagai macam bidang, Rumah Belajar Bintaro menawarkan program pendidikan kesetaraan Paket B dan C dengan kurikulum yang memenuhi Standar Pendidikan Kesetaraan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dan diperkaya dengan muatan khusus YPAB.

Sesuai dengan Permendikbud no. 20 tahun 2016 mengenai Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, YPAB menyediakan pembinaan kompetensi di 3 ranah, meliputi sikap, baik sikap spiritual maupun sosial, pengetahuan, dan ketrampilan. Dengan demografi peserta didik dan situasi belajar yang khas, terutama didasarkan pada kenyataan bahwa (1) peserta didik dari masyarakat putus sekolah cenderung memiliki usia yang beragam dan berada di atas usia pendidikan formal; (2) keterbatasan waktu tatap muka dan belajar mandiri karena peserta didik biasanya butuh bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri dan/atau orang lain; dan (3) keterbatasan dana dan fasilitas yang dimiliki peserta didik, maka penyesuaian dilakukan atas kompetensi yang diharapkan dan penyajian pendidikan yang diberikan, sehingga dapat secara meningkatkan efektivitas belajar bagi peserta didik.

Berikut adalah program yang diselenggarakan Rumah Belajar YPAB Bintaro.

 

 

Paket B (setara SMP)

Program Paket B menekankan pada fondasi yang kuat untuk pendidikan menengah lanjutan, pemberian sikap sosial maupun spiritual yang positif, kompetensi dasar baik sains, ilmu-ilmu sosial dan kebahasaan.

Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan meliputi: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas diadakan tiap hari Selasa dan Kamis pukul 16.00-18.00, dan Sabtu pukul 14.00-18.00. Untuk peserta didik baru, kelas diadakan di tiap hari Sabtu dan Minggu pukul 14.00-18.00.

 

Paket C (setara SMA) – Peminatan IPS

Program Paket C menekankan pada fondasi yang kuat untuk pendidikan tinggi, pengetahuan dan ketrampilan dasar siap pakai, dikembangkannya sikap positif, penggalian potensi dan penajaman kompetensi di berbagai bidang. Rumah Belajar YPAB Bintaro membuka Paket C dengan peminatan ilmu-ilmu sosial.

Dengan diperkuat oleh tutor-tutor dari latar belakang yang beragam dan sebagaian besar secara profesional bekerja di dalam bidang yang sesuai dengan bidang yang diajarkan, materi yang dibawakan akan diperkaya dengan wawasan pengetahuan praktikal.

Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan untuk Paket C dengan kelompok peminatan Ilmu-ilmu Sosial meliputi: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi.

Kelas diadakan tiap hari Selasa dan Kamis pukul 16.00-18.00, dan Sabtu pukul 14.00-18.00. Untuk peserta didik baru, kelas diadakan di tiap hari Sabtu dan Minggu pukul 14.00-18.00.

 

Kelas Inspirasi

Secara reguler, setidaknya 2-3 minggu sekali, dijadwalkan kelas inspirasi untuk memberikan wawasan dan membuat peserta didik memiliki karakter positif sehingga menjadi pribadi yang dapat diandalkan selepas pendidikan.

Kelas Melek Komputer

Kelas Melek Komputer merupakan kelas tambahan bagi peserta didik yang belum menguasai ketrampilan komputer dasar, meliputi (1) Aplikasi Pengolah Kata/Word Processor (MS Word), dan (2) Aplikasi Spreadsheet (MS Excel)

 

Adapun persyaratan yang dibutuhkan bagi calon peserta didik adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ketertarikan serius untuk menempuh pendidikan kesetaraan (bukan hanya tertarik untuk mendapatkan selembar ijazah tanpa memperoleh ilmu yang sebenarnya).
  • Berasa dari latar belakang ekonomi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah formal. Dalam kasus-kasus tertentu, YPAB bisa meminta bukti dari pihak yang berwenang.
  • Melengkapi persyaratan administratif, berupa fotokopi ijazah di tingkat sebelumnya, fotokopi KTP (jika ada) dan foto ukuran 4×6.
  • Bisa dan bersedia datang belajar tatap muka sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ketidakhadiran tanpa kejelasan selama 3 kali berturut-turut akan membuat tercoretnya yang bersangkutan dari daftar peserta didik YPAB.
  • Bersedia untuk melakukan belajar mandiri di samping belajar tatap muka yang telah ditetapkan.
  • Tidak dibutuhkan biaya dalam bentuk apapun, namun diharuskan membawa alat tulis sendiri. YPAB tidak menanggung biaya transportasi. Silakan mempelajari lokasi rumah belajar untuk menentukan anggaran biaya transportasi yang perlu dikeluarkan.
  • Bersedia mentaati Tata Tertib Peserta Didik YPAB.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Siti Akhlaqul Karimah (Rima): 0899-3792-617, atau email melalui info@ypab.org. Pastikan untuk menyimak halaman berikut sebelum bertanya, yaitu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang paling sering disampaikan.