Rumah Belajar Tanah Abang

Rumah Belajar Tanah Abang bertempat di Komp PLN Jl. Tenaga Listrik Kebon Melati, Tanah Abang.

Diperkuat oleh lebih dari 60 relawan tutor, professional dari berbagai macam bidang, pendidikan kesetaraan menawarkan program pendidikan kesetaraan berbagai level dengan kurikulum yang memenuhi Standar Pendidikan Kesetaraan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dan diperkaya dengan muatan khusus YPAB.

Sesuai dengan Permendikbud no. 20 tahun 2016 mengenai Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, YPAB menyediakan pembinaan kompetensi di 3 ranah, meliputi sikap, baik sikap spiritual maupun sosial, pengetahuan, dan ketrampilan. Dengan demografi peserta didik dan situasi belajar yang khas, terutama didasarkan pada kenyataan bahwa (1) peserta didik dari masyarakat putus sekolah cenderung memiliki usia yang beragam dan berada di atas usia pendidikan formal; (2) keterbatasan waktu tatap muka dan belajar mandiri karena peserta didik biasanya butuh bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri dan/atau orang lain; dan (3) keterbatasan dana dan fasilitas yang dimiliki peserta didik, maka penyesuaian dilakukan atas kompetensi yang diharapkan dan penyajian pendidikan yang diberikan, sehingga dapat secara meningkatkan efektivitas belajar bagi peserta didik.

 

Berikut adalah program yang diselenggarakan Rumah Belajar YPAB Tanah Abang terkait dengan pendidikan kesetaraan.

Paket A (setara SD)

Program Paket A menekankan pada kemampuan literasi dasar, berhitung, budi pekerti, kecintaan pada sains dan teknologi serta wawasan sosial dan lingkungan.

Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan meliputi: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 10.00-14.00 dan hari Minggu, pukul 10.00-14.00

 

Paket B (setara SMP)

Program Paket B menekankan pada fondasi yang kuat untuk pendidikan menengah lanjutan, pemberian sikap sosial maupun spiritual yang positif, kompetensi dasar baik sains, ilmu-ilmu sosial dan kebahasaan.

Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan meliputi: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 10.00-14.00 dan hari Minggu, pukul 10.00-14.00

 

Paket C (setara SMA) – Peminatan Ilmu-ilmu Alam (IPA) dan Ilmu-ilmu Sosial (IPS)

Program Paket C menekankan pada fondasi yang kuat untuk pendidikan tinggi, pengetahuan dan ketrampilan dasar siap pakai, dikembangkannya sikap positif, penggalian potensi dan penajaman kompetensi di berbagai bidang. Rumah Belajar YPAB Tanah Abang membuka Paket C dengan peminatan (1) matematika dan ilmu-ilmu alam, dan (2) ilmu-ilmu sosial.

Dengan diperkuat oleh tutor-tutor dari latar belakang yang beragam dan sebagaian besar secara profesional bekerja di dalam bidang yang sesuai dengan bidang yang diajarkan, materi yang dibawakan akan diperkaya dengan wawasan pengetahuan praktikal.

Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan untuk Paket C dengan kelompok peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam meliputi: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 12.00-18.00 dan hari Minggu, pukul 12.00-16.00

Mata pelajaran yang akan diujikan dalan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan untuk Paket C dengan kelompok peminatan Ilmu-ilmu Sosial meliputi: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi. Kelas diadakan tiap hari Sabtu, pukul 14.00-18.00 dan hari Minggu, pukul 12.00-16.00

 

Pengembangan Wawasan

Secara reguler, setidaknya 2-3 minggu sekali, dijadwalkan kelas-kelas Pengembangan Wawasan yang disampaikan oleh tutor-tutor tamu, berisikan berbagai pengetahuan praktis yang akan berguna bagi peserta didik meskipun tidak tercakup dalam kurikulum standar.

 

Konseling

Peserta didik akan diajak secara reguler untuk mengetahui cara belajar yang sesuai dengan karakternya masing-masing, berdialog atas kendala yang dihadapi dalam menempuh pendidikannya, baik teknis maupun non teknis, serta menggali minat dan bakat yang dapat terus diasah selama menempuh atau setelah lulus dari pendidikan kesetaraan di YPAB.

 

Ekstrakurikuler

Berbagai macam pengetahuan dan ketrampilan praktis akan disajikan pula melalui kegiatan ekstrakurikuler di Rumah Belajar YPAB Tanah Abang, sesuai minat peserta didik. Berikut adalah ekstrakurikuler yang pernah diselenggarakan:

  • Kelas Melek Komputer: yaitu kelas ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik yang belum menguasai ketrampilan komputer dasar, meliputi (1) Aplikasi Pengolah Kata/Word Processor (MS Word), (2) Aplikasi Spreadsheet (MS Excel), (3) Aplikasi Presentasi (MS Power Point), dan (4) Kemampuan Mengetik Cepat 10 jari.
  • Bimbingan Baca Al Quran: yaitu kelas ekstrakurikuler bagi peserta didik muslim yang belum lancar membaca Al Quran.
  • Bisnis dan Kewirusahaan: yaitu kelas ekstrakurikuler yang akan membekali peserta didik dalam berbisnis dan berwirausaha. Peserta didik akan diajak untuk menginisiasi dan memformulasikan ide usaha yang layak, hingga diharapkan dapat memberikan keleluasaan finansial setelah diimplementasikan.
  • Kuliner Dasar: yaitu kelas ekstrakurikuler yang akan mengajarkan peserta didik kemampuan memasak dan menyajikan makanan.
  • Menulis, yaitu kelas ekstrakurikuler yang akan melatih kemampuan peserta didik dalam menulis, dengan temu muka dan bimbingan dari para pelatih yang akan memberikan kritisi membangun atas tulisan yang dikirimkan melalui email.
  • Dasar-dasar Musik: yaitu kelas yang akan mengajak peserta didik mengeksplorasi alat musik pilihan masing-masing dan/atau vokal, dengan didasari oleh teori yang memudahkan mereka mendalami, mempelajari, dan mengapresiasi dunia musik dan pertunjukan.
  • Komunikasi Profesional (Public Speaking): yaitu pelatihan kemampuan berbicara melalui praktik berkomunikasi yang sesuai di berbagai situasi.

 

Adapun persyaratan yang dibutuhkan bagi calon peserta didik dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ketertarikan serius untuk menempuh pendidikan kesetaraan (bukan hanya tertarik untuk mendapatkan selembar ijazah tanpa memperoleh ilmu yang sebenarnya).
  • Berasa dari latar belakang ekonomi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah formal. Dalam kasus-kasus tertentu, YPAB bisa meminta bukti dari pihak yang berwenang.
  • Melengkapi persyaratan administratif, berupa fotokopi ijazah di tingkat sebelumnya, fotokopi KTP (jika ada) dan foto ukuran 4×6.
  • Bisa dan bersedia datang belajar tatap muka sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ketidakhadiran tanpa kejelasan selama 3 kali berturut-turut akan membuat tercoretnya yang bersangkutan dari daftar peserta didik YPAB.
  • Bersedia untuk melakukan belajar mandiri di samping belajar tatap muka yang telah ditetapkan.
  • Tidak dibutuhkan biaya dalam bentuk apapun, namun diharuskan membawa alat tulis sendiri.
  • Bersedia mentaati Tata Tertib Peserta Didik YPAB.
  • Penerimaan registrasi peserta didik baru dilakukan tiap hari Sabtu jam 12.00-14.00, dengan mengisi formulir registrasi dan wawancara. Peserta didik yang dinyatakan diterima akan masuk diharuskan mengikuti sesi matrikulasi di waktu yang telah ditentukan.
  • Jika kapasitas kelas telah tercukupi, maka peserta didik yang dinyatakan diterima akan dimasukkan ke daftar tunggu (waiting list), dan akan dihubungi oleh pihak YPAB berdasarkan urutan dan prioritasnya.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi info@ypab.org. Pastikan untuk menyimak halaman berikut sebelum bertanya, yaitu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang paling sering disampaikan.