Panduan Tutor (Tanah Abang)

  1. Tutor YPAB menjunjung tinggi kejujuran, menghargai keberagaman, dan saling menghargai dalam melakukan proses belajar-mengajar dan berinteraksi di YPAB.
  2. Tutor hadir tepat waktu. Dengan waktu belajar yang sangat terbatas, tutor harus sangat menghargai ketepatan waktu agar tidak merugikan peserta didik. Segala jenis keterlambatan atau halangan yang bersifat mendadak harus dikomunikasikan secepat mungkin ke Koordinator Rumah Belajar.
  3. Tutor tidak dibenarkan memberikan nomor telpon selular kepada peserta didik. Segala komunikasi dengan peserta didik dilakukan di Rumah Belajar YPAB atau melalui perantara Koordinator Rumah Belajar. Tutor memahami dan menanggung sendiri resiko yang timbul akibat pelanggaran atas aturan ini.
  4. Tutor diharapkan mengetahui jadwal setidaknya seminggu sebelumnya, dan mengkonfirmasikan kehadirannya melalui admin. Kebutuhan pergantian jadwal, atau halangan hadir atas alasan apapun harus dikomunikasikan sesegera mungkin ke admin yang akan berkomunikasi dengan Koordinator Rumah Belajar jika perlu. Jadwal kelas dapat dilihat di http://learning.ypab.org (hanya bisa diakses internal) dan http://jadwal.ypab.org (untuk peserta didik dan eksternal).
  5. Tutor mempersiapkan bahan ajar sesuai dengan materi yang ditugaskan kepadanya. Segala perbanyakan materi (photo copy) dan kebutuhan mengajar lain (projektor) harus disampaikan kepada admin selambatnya 3 (tiga) hari sebelumnya melalui email, ke tanahabang@ypab.org. Karena keterbatasan fasilitas, kebutuhan mengajar akan diberikan sesuai prioritas dan/atau urutan booking.
  6. Tutor diharapkan bekerja sama dengan tutor lainnya dan Koordinator Rumah Belajar dalam memastikan bahwa materi tersampaikan dengan baik. Tutor akan digabungkan ke dalam group Whatsapp Relawan YPAB Tanah Abang dan group lain yang berkaitan.
  7. Tutor dapat, dan dianjurkan untuk, memberikan pekerjaan rumah untuk menambah pemahaman peserta didik, dan/atau mencakup materi yang tidak diajarkan di kelas. Tiap pekerjaan rumah harus disertai dengan tanggal terakhir dikumpulkan, diperiksa, dan dinilai. Nilai selambatnya diserahkan ke Koordinator Rumah Belajar selambatnya 2 (dua) minggu setelah PR dikumpulkan.
  8. Tutor tidak diperkenankan memberikan password wifi kepada peserta didik. Password wifi dapat ditanyakan kepada Koordinator Rumah Belajar, yang akan mengubah password secara berkala.
  9. Tutor secara berkala dapat mengkonsultasikan perubahan preferensi mengajar, termasuk frekuensi mengajar, mata pelajaran dan level ajar (Paket A, B atau C) kepada Koordinator Rumah Belajar.
  10. Beberapa tutor mungkin akan diminta untuk membuat soal sesuai dengan standar Ujian Nasional Kesetaraan. Dalam hal ini, soal harus dikumpulkan 1 minggu sebelumnya untuk di-review dan diperbanyak.
  11. Tutor diharuskan memahami kurikulum yang harus disampaikan, kisi-kisi Ujian Nasional Kesetaraan yang digariskan oleh Kemendikbud. Materi ini dapat diunduh di LMS YPAB.
  12. Secara umum, Buku Sekolah Elektronik tersedia bagi tutor, dan dapat diunduh di LMS YPAB. Namun demikian, untuk buku-buku dan/atau bahan ajar yang telah dibagikan ke seluruh peserta didik, sangat disarankan untuk menggunakannya dalam proses belajar.
  13. Tutor juga disarankan mengenal peserta didiknya dengan membaca profil, serta ikut memperkaya data yang tersedia di LMS YPAB.
  14. Usai mengajar, tutor harus mengisi jurnal kelas di dalam LMS YPAB.