Kurikulum

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan berbagai peraturan yang mengatur berbagai standar yang perlu dipenuhi oleh sebuah lembaga pendidikan dasar menengah, termasuk PKBM.

Laman-laman berikut merupakan informasi peraturan terbaru, yang dijadikan acuan kurikulum dan pelaksanaannya di PKBM Pemimpin Anak Bangsa.

Meskipun demikian, penyampaian dan konten pengajaran yang dilakukan di PKBM Pemimpin Anak Bangsa mengalami penyesuaian-penyesuaian sebagai berikut:

  • Tutor akan memberikan banyak aplikasi nyata atas materi pelajaran yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari. PKBM Pemimpin Anak Bangsa merupakan lembaga yang diperkuat oleh lebih dari 100 tutor dari berbagai latar belakang akademis dan profesional, sehingga diharapkan materi yang diberikan akan lebih aplikatif, interaktif, dan menyenangkan.
  • Secara rutin akan diberikan materi-materi pengembangan wawasan, dibawakan oleh tutor-tutor tamu dari berbagai macam bidang. Materi yang akan dibawakan adalah materi yang tidak merupakan cakupan kurikulum dasar, namun dianggap relevan dan perlu disampaikan kepada peserta didik.
  • Ekstrakurikuler diberikan dengan tema sesuai minat peserta didik. Dengan diperkaya oleh dukungan relawan dari berbagai lapisan masyarakat, bentuk ekstrakurikuler akan dibuka beraneka per semester.
  • Kelas Pengenalan Komputer akan diberikan terutama kepada peserta didik yang belum menguasainya. Kelas ini mencakup: (1) Pengenalan Word Processor, (2) Pengenalan aplikasi Spreadsheet, (3) Pengenalan Internet dan Sosial Media.