Pendidikan Kesetaraan

YPAB menyelenggarakan Pendidikan Kesetaraan, yang dilakukan di bawah naungan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Pemimpin Anak Bangsa, dengan izin operasional 423/8/3440.1-DINDIK/2015.

Kegiatan yang diadakan di PKBM Pemimpin Anak Bangsa adalah kegiatan belajar tersistematis yang terutama mengacu pada Standar Nasional Kurikulum Pendidikan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.  Setelah menempuh pendidikan, bagi peserta yang telah memenuhi kriteria, akan diikutsertakan dalam Ujian Nasional Kesetaraan Paket A, B, dan C, yang setara dengan tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

 

Pendidikan Berbasis Relawan

Keprihatinan atas tingginya angka putus sekolah karena situasi ekonomi diamini oleh banyak kaum menengah dan profesional muda kita. YPAB membuka diri agar para profesional dapat secara praktis terjun ke lapangan, memberikan ilmu dan pengetahuan mereka di bidang masing-masing. Saat ini, PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) diperkuat oleh lebih dari 100 relawan dari berbagai profesi, yang memperkaya kegiatan belajar dengan pengetahuan praktis dan konten nyata di lapangan. Peserta didik diajak untuk menikmati kegiatan belajar dengan melihat femonena-fenomena aktual, yang dijelaskan oleh orang yang ahli di bidangnya. Relawan-relawan pengajar yang memiliki antusiasme mengajar yang tinggi dipastikan memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan, dengan latar belakang S1, S2, dan S3 dari perguruan-perguruan tinggi ternama di Indonesia maupun luar negeri. Peserta didik dapat pula berdiskusi secara luas, positif dan kritis dengan tutor-tutor yang inspiratif dan beragam!

 

Integritas dan Keberagaman

Pendidikan kesetaraan di PKBM Pemimpin Anak Bangsa menekankan pada integritas. Kejujuran dalam pendidikan, keteguhan dalam mencapai hasil melalui upaya mandiri, serta semangat untuk benar-benar menimba ilmu merupakan hal yang sangat penting, dan bukan semata-mata mendapatkan secarik ijazah. Ketidakjujuran dalam pendidikan adalah cikal bakal perilaku korupsi yang marak di negeri ini, sehingga peserta didik akan dibiasakan untuk menikmati indahnya proses mengeksplorasi ilmu pengetahuan, dan bukan tergesa-gesa mengejar ijazah.

Pendidikan kesetaraan PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) mengedepankan nilai-nilai keberagaman; konsep kesetaraan dan keadilan, saling menghargai tanpa membedakan ras, agama, jenis kelamin, pandangan politik, latar belakang ekonomi ataupun atribut-atribut lain yang seharusnya tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk dapat meraih cita-citanya.

 

Layanan kepada Kaum Marginal

Dengan latar belakangnya sebagai pendidikan yang berbasis relawan, PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) menyelenggarakan pendidikan kesetaraan BEBAS BIAYA untuk mereka yang putus sekolah karena alasan ekonomi dan tidak memiliki kesempatan untuk kembali ke sekolah formal. PKBM Pemimpin Anak Bangsa tidak akan memungut biaya dalam bentuk apapun.

Selain itu, waktu tatap muka cenderung dilakukan dengan mengakomodasi sebagian besar peserta didik yang bekerja (perhatikan waktu tatap muka belajar di bagian bawah halaman ini). Hanya peserta didik yang dapat berkomitmen pada waktu tatap muka ini lah yang akan difokuskan untuk dapat bergabung menempuh pendidikan di PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB).

 

Pendidikan Non Formal Berkualitas

Komitmen PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) dalam penyelenggaraan pendidikan non formal adalah pada kualitas. Kami menolak anggapan bahwa pendidikan non formal – terlebih yang bebas biaya – tidak akan mungkin memberikan pendidikan berkualitas tinggi. Selama 2 tahun berturut-turut beberapa lulusan PKBM Pemimpin Anak Bangsa berhasil menembus SBMPTN untuk kuliah di perguruan tinggi negeri, dan belasan di antaranya menempuh pendidikan tinggi dengan beasiswa. Kami berusaha keras agar kegiatan belajar tatap muka selalu terisi, terjadwal dan tepat waktu.

Di YPAB, pendidikan karakter menjadi utama – dan perencanaan masa depan yang detail yang menggali potensi diri dilakukan. Para tutor secara berkala melatih peserta didik di kelas-kelas ekstrakurikuler yang berganti sesuai dengan tinjauan minat dan bakat peserta didik. Kelas Bisnis dan Kewirausahaan, Public Speaking, Musik, Pelatihan Menulis, merupakan ekstrakurikuler yang pernah diselenggarakan. Lulusan YPAB diharuskan untuk menguasai komputer dasar, dengan pelatihan yang dilakukan tiap minggu secara gratis.

PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) menyediakan fasilitas pembelajaran digital berupa Perpustakaan Online, e-Learning yang dapat diakses baik melalui desktop/laptop maupun smartphone. Buku digital dan modul-modul elektronik dapat didapatkan secara gratis dan memudahkan peserta didik untuk belajar secara mandiri.

 

Sampai saat ini, PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) secara paralel telah menjalankan tiga (3) rumah belajar dengan rincian kegiatan belajar seperti tertera di bawah ini. Silakan klik tautan yang diberikan untuk mempelajarinya lebih lanjut.

1. Rumah Belajar Bintaro, Tangerang Selatan (Sekretariat)
Alamat: Ruko Bintaro Trade Center, Blok F1 no 10,  Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan
Jadwal Belajar I: Selasa pukul 16.00 – 18.00 WIB, Kamis pukul 16.00 – 18.00 WIB, Sabtu 14.00 – 18.00 WIB
Jadwal Belajar 2: Sabtu 14.30 – 18.30 WIB, Minggu 14.30 – 18.30 WIB

2. Rumah Belajar Tanah Abang, Jakarta Pusat
Alamat: Komplek PLN Karet No. 14 Jl. Tenaga Listrik, RT 015/016, Kebon Melati – Tanah Abang, Jakarta Pusat, 10230
Jadwal Belajar: Sabtu pukul 14.00 – 18.00 WIB, Minggu pukul 10.00 – 14.00 WIB

3. Rumah Belajar Medan, Sumatera Utara
Alamat: Jl. Bakti 4 No 166, Komplek Tata Alam Asri, Gaperta Ujung, Kecamatan Helvetia, Medan
Jadwal Belajar: Selasa  pukul 15.30 – 18.30 WIB, Rabu pukul 15.30 – 18.30 WIB

 

Untuk mendaftar, silakan langsung datang ke lokasi bersangkutan untuk melalui proses seleksi penerimaan. Segala pertanyaan mengenai pendidikan kesetaraan bisa disampaikan melalui email, yaitu ke info@ypab.org.