Ekstrakurikuler YPAB Tanah Abang

Mulai Oktober 2016, di YPAB Tanah Abang akan dibuka beberapa kelas ekstrakurikuler. Kelas ini lebih bersifat ketrampilan praktis, dan diadakan di luar jam pelajaran.

1. Kelas Melek Komputer. Kelas ini akan mengajarkan kemampuan dasar atas beberapa aplikasi berikut ini:

  • Pengenalan komputer
  • Word Processing (Pemrosesan Kata), menggunakan Microsoft Word
  • Spreadsheet, menggunakan Microsoft Excel
  • Aplikasi Presentasi, menggunakan Microsoft Powerpoint
  • Kemampuan mengetik cepat 10 jari

Kelas ini wajib diikuti oleh peserta didik yang belum menguasai komputer dasar, dan merupakan prasyarat lulus bagi peserta didik YPAB Tanah Abang. (Peserta didik dibebaskan untuk belajar sendiri di luar kelas, asalkan dapat menguasainya ketika lulus).

Kelas ini diadakan tiap hari Sabtu (12.30-14.00) dan hari Minggu (14.00-15.30). Peserta didik dapat memilih salah satu sesi untuk diikuti, sesuai dengan kapasitasnya. Kelas ini bebas biaya, dan disponsori oleh Indika Energy.

2. Kelas Baca Quran. Kelas ini wajib diikuti oleh peserta didik beragama Islam yang belum lancar membaca Al Quran. Kemampuan membaca Al Quran menjadi prasyarat lulus bagi peserta didik yang beragama Islam. (Peserta didik dibebaskan untuk belajar sendiri di luar kelas, asalkan dapat menguasainya ketika lulus).

Kelas ini diadakan tiap hari Minggu, jam 09.00-10.00, dan mulai dibuka Oktober 2016.

3. Kelas Kuliner Dasar. Kelas ini akan memberikan pelatihan memasak dan penyajian makanan, untuk peserta didik yang berminat untuk berkarir atau membuka usaha di bidang kuliner. Kelas ini dilengkapi dengan praktek, dengan peserta yang akan dibatasi.

Kelas ini diadakan tiap hari Minggu, jam 14.00-16.00, dan mulai dibuka Oktober 2016.

4. Kelas Bisnis dan Kewirausahaan. Kelas ini akan memberikan pelatihan praktis dalam memulai dan menjalankan usaha, mengajak peserta didik untuk dapat mandiri dan memiliki kebebasan finansial. Peserta didik diajak untuk memikirkan ide usaha dan dapat mengevaluasi kelayakannya untuk dijalankan, hingga dapat berwirausaha di akhir pendidikannya.

Kelas ini diadakan tiap hari Minggu, jam 14.00-16.00, dan mulai dibuka November 2016.

5. Kelas Menulis. Kelas ini akan memberikan pelatihan menulis bagi peserta didik yang berminat meningkatkan kemampuannya untuk menjadi penulis, mulai dari mengembangkan ide, mengelaborasinya dalam kerangka tulisan yang menarik, hingga membuatnya dalam tulisan penuh. Kelas ini akan berisi tatap muka dan coaching, di mana peserta didik mengirimkan tulisannya untuk dikritisi oleh pelatih.

Kelas ini diadakan tiap hari Minggu, dan mulai dibuka November 2016.